• Jln. By Pass Aur Kuning No. 1 Bukittinggi Kota Bukittinggi.

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fakesmipa@gamil.com

CAPPING DAY DAN KEPANITERAAN PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN DAN S-1 ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

Capping Day dan Kepaniteraan Fakultas Kesehatan UMSB

HUMAS UMSB- Kamis, 07 Januari 2021 bertempat di Conventioan Hall Prof. Yunahar Ilyas  Kampus III Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat  Bukittinggi diadakan kegiatan Capping Day dan Kepaniteraan terhadap 19 Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan dan 15 mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan kerja sama Bapak Muhammad Abdi, SE.MM, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Drg. Yandra Ferry, MM,  Sekretaris  Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DPW Bukittinggi Bapak Ns. Deni Asra, S.Kep, perwakilan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Bukittinggi sekaligus sebagai Dekan Fakultas Kesehatan UMSB Ibu Yuliza Anggraini, S.ST., M.Keb, rohaniawan, para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan kampus III UMSB, Ketua Program Studi D-III Kebidanan, D-III Adminsitrasi Rumah Sakit, S1 Ilmu Keperawatan dan Ners, Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa serta undangan lainnya.

Capping Day dimulai pukul 09.30 berlangsung secara daring dan luring. Prosesi capping day dan kepaniteraan diawali dengan pemasangan pin untuk mahasiswa laki-laki dan cap serta pin untuk mahasiswa perempuan. Setelah itu dilanjutkan dengan pengucapan janji oleh masing-masing profesi yang dipimpin oleh anggota dari IBI kota Bukittinggi untuk Prodi-DIII Kebidanan dan sekretaris PPNI DPW untuk Prodi S1 Ilmu keperawatan serta disaksikan oleh rohaniawan. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai langkah awal menjadi tenaga kesehatan yang professional dalam melaksanakan praktek klinik di Rumah Sakit.

 

Dalam sambutannya, kepala dinas kesehatan kota Bukittinggi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan simbolis yang dilaksanakan untuk mempersiapkan tenaga kesehatan terjun kelapangan sebagai praktisi kesehatan. Peran tenaga kesehatan sangat penting ditengah masyarakat terlebih dalam situasi Covid-19 yang melanda bangsa kita saat ini. Menurut beliau tugas sebagai tenaga kesehatan merupakan tugas mulia karena dalam situasi apapun mereka harus selalu siap membantu masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa kebutuhan tenaga kesehatan saat ini masih tinggi, diperlukan inovasi dan juga pembekalan bagi calon lulusan agar mereka siap bekerja di dunia kerja. Peran perguruan tinggi dalam mempersiapkan generasi bangsa yang kompeten dan siap pakai juga tidak kalah penting. Dokter gigi yang telah 18 tahun menjadi kepala dinas kesehatan di 4 Kota di Provinsi Sumatera Barat ini, berpesan kepada para mahasiswa bahwa menjadi ASN merupakan tujuan kebanyakan orang namun berkiprah secara mandiri juga sangat baik dan paling realistis untuk dilakukan seperti membuka praktek bersama. Terlebih  Fakultas Kesehatan memiliki banyak Program Studi yang bisa berkolaborasi antara satu dengan yang lainnya. Diakhir sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada semua mahasiswa yang di capping day dan kepaniteraan pada hari ini dan beliau berharap agar dapat melaksanakan tanggung jawab dengan sepenuh hati.

Pada kesempatan kali ini Bapak Muhammad Abdi, SE.MM , selaku Wakil Rektor III memberikan pesan seluruh civitas akademik Fakultas Kesehatan saling bekerja sama, bersinergi satu sama lain untuk mempersiapkan dan melahirkan tenaga kesehatan yang kompeten serta siap pakai. Selain itu beliau juga meminta adanya pembekalan bidang entrepreneur bagi tenaga kesehatan agar dapat meningkatkan kemendirian. Terakhir beliau meminta agar semua fakultas dilingkungan UMSB dapat meningkatkan jejaring kerjasama dengan berbagai dinas terkait dikarenakan UMSB telah memiliki MOU dengan Pemerintah Daerah Kota Bukittingi.