• Jln. By Pass Aur Kuning No. 1 Bukittinggi Kota Bukittinggi.

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fakesmipa@gamil.com

Workshop “Optimalisasi Reference Management Software Untuk Menemukan Kebaruan Penelitian”

Bukittingggi, Humas UMSB - Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat melaksanakan Workshop “Optimalisasi Reference Management Software Untuk Menemukan Kebaruan Penelitian” di adakan di Aula Kampus III Bukittinggi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dengan Protokol Kesehatan yang ketat, Selasa (11/8/2020)

Workshop ini diikuti Dosen -  Dosen Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan juga dosen yang ada di kampus III Bukittinggi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Workshop yang dibuka langsung Oleh Dekan Fakultas Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Yuliza Anggraini, S.ST, M.Kep.

Penelitian merupakan ruh dan esensi dosen. Penelitian merupakan  suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan penerapan metode ilmiah. kegiatan ini hanya menghadirkan satu narasumber yaitu Dr. Dedi Satria Dosen DIII Kebidanan UMSB.

Dr. Dedi Satria selaku pemateri mengatakan Shoftware yang dipakai dalm pelatihan adalah Harzing’ Publish or Perish harapannya dalam memilih memasukkan  mencari jurnal yang banyak dibicarakan oleh peneliti.

Harzing’ Publish or Perish memiliki mamfaat yaitu membantu akademisi dalam mempersentasikan dampak riset mereka, bisa digunakan untuk memutuskan ke jurnal mana manuskrip yang dipersiapkan akan submit, melakukan tinjauan pustaka riset bibliometrik, penggunaan analisis statistik untuk menganalisa publikasi ilmiah dan sebagai bahan wawancara pekerjaan yang berkaitan dengan riset.

Penelitian merupakan hal yang sangat penting dan wajib bagi Dosen saat ini, penelitian merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,tujuan adanya kegiatan ini untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti dan pengabdian dosen juga menjadi sarana latihan bagi dosen untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian berupa jurnal, Terutama pada jurnal terindeks SINTA.