• Jln. By Pass Aur Kuning No. 1 Bukittinggi Kota Bukittinggi.

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fakesmipa@gamil.com

Visitasi Akreditasi Prodi Kebidanan UMSB

[HUMAS-UMSB]. Bukittinggi. Fakultas Kesehatan & MIPA Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) sukses menyelenggerakan Visitasi Akreditasi Program studi Kebidanan. UMSB Kampus III Bukittinggi. Kamis, 14/11/2019.

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Bentuk penilaian mutu eksternal yang lain adalah penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin, pemberian lisensi oleh badan tertentu. Ada juga pengumpulan data oleh badan pemerintah bagi tujuan tertentu, dan survei untuk menentukan peringkat (ranking) perguruan tinggi.

Visitasi Akreditasi tersebut diawali dengan sambutan dari Bapak Dr. Riki Saputra, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, mengatakan bahwa UMSB siap untuk menerima masukan dari tim asesor demi kemajuan Fakultas Kesehatan & MIPA UMSB. Sambung lagi Riki saputra, seterusnya  ucapan terimakasih kepada Dekan, Kprodi dan  Dosen-dosen Fakultas  Kesehatan & MIPA  yang sudah mau berdarah-darah untuk mempersiapkan Visitasi Akreditasi ini.

Sedangkan sambutan dari Ibu Dini Saraswati Handayani, S.STM.Keb, selaku TIM Asesor dalam Visitasi Aktreditasi tersebut mengatakan, Visitasi Akreditasi ini merupakan proses evaluasi dan penilaian secara konfrehensif atas komitmen perguruan tinggi utuk menentukan kelayakan program studi yang ada diperguruan tinggi, sehingga menjadi tolak ukur bagi lembaga pengguna progaram studi tersebut layak untuk diluluskan karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik. Sambung lagi Dini Saraswati Handayani, Visitasi Akreditasi juga mendorong Program studi tersebut untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahan mutu bagi Universitas.

“Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar. Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, urulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan” Ujarnya.

Sedangkan menurut IbuYuliza Anggraini, S.TTM.Keb, selaku Kepala prodi Kebidanan UMSB mengatakan, Mutu institusi perguruan tinggi merupakan totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses dan produk atau layanan institusi perguruan tinggi yang diukur dari sejumlah standar sebagai tolok ukur penilaian untuk menentukan dan mencerminkan mutu institusi perguruan tinggi. Tuturnya.

“Dibidang sumber daya manusia para dosen atau staf akademi terus dipacu untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejenjang S2 dan akan terus ditambah kualitasnya. Untuk itu sudah sewajarnya Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan & MIPA UMSB harus dapat membuktikan serta mempertanggungjawabkan kepercayaan yang telah diberikan masyarakat. Sebagai pendidik profesi Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan & MIPA UMSB proses pembelajaran senantiasa berorientasi kepada pencapaian kompetensi. Semua upaya di atas adalah dalam rangka mewujudkan visi, misi institusi yaitu mewujudkan Bidan yang profesional dan Islami”. Harapannya.

Selanjutnya asesor juga melakukan kunjungan ke unit-unit dan sarana pendukung yang dimiliki Prodi Kebidanan UMSB, seperti Unit Penjaminan Mutu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Perpustakaan, Ruang Perkuliahan, Laboratorium, Ruang senat dan BEM

Di akhir acara, dilaksanakan penanda tanganan berita acara visitasi akreditasi antara Tim Asesor dengan Ketua Program Studi DIII Kebidanan Pendidik dan Rektor UMSB. yang nantinya berita acara tersebut akan di bawa ke BAN-PT untuk dijadikan pedoman penilaian akreditasi. (Bukittinggi, 14/11/2019)