• Jln. By Pass Aur Kuning No. 1 Bukittinggi Kota Bukittinggi.

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email fakesmipa@gamil.com

UMSB mengadakan Seminar Nasional tema “Entrepreneurship (Bagi Generasi Mileneal)”

Photo Bersama Rektor dengan Narasumber, serta Dosen dan Mahasiswa UMSB usai seminar

[HUMAS-UMSB]. Padang. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat melaksanakan Seminar Nasional dengan tema “Entrepreneurship (Bagi Generasi Mileneal)”.

UNIVERSITAS Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) sukses melaksanakan Seminar Nasional Bersama Narasumber H. Irman Gusman, S.E. MBA , Prof. Dr. Ir Hj. Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib, MP., Dr. Riki Saputra, MA. Moderator Willy Nofranita, SE. M.Si. AK bertempat di Compention Hall UMSB Kampus I Padang, Minggu, (10/11/2019).

Dalam seminar tersebut dihadiri oleh Rektor UMSB, Wakil Rektor I&III, Wakil Rektor II&IV UMSB, Bapak H. Irman Gusman, S.E. MBA , dan Ibu Prof. Dr. Ir Hj. Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib, MP. selaku narasumber dalam seminar nasional tersebut, serta Dosen, Karyawan dan Mahasiswa UMSB.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat(UMSB) Bapak Dr. Riki Saputra, MA. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak H. Irman Gusman, S.E. MBA , dan Ibu Prof. Dr. Ir Hj. Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib, MP. yang bersedia memberikan materi dalam seminar tersebut dengan tema Entrepreneurship (Bagi Generasi Mileneal), semoga kita semua termotivasi dalam membangun usaha, khususnya bagi mahasiswa UMSB.

Selanjutnya seminar nasional dilanjutkan dengan presentasi oleh Bapak H. Irman Gusman, S.E. MBAMenurut beliau mengatakan bahwa, Entrepreneurship adalah proses kegiatan kreativitas dan inovasi menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan.

Seorang Entrepreneurship tidak hanya pandai dan berbakat dalam mengatur bisnis yang dijalankan saja, akan tetapi seorang Entrepreneurship umumnya memiliki karakter yang lebih dari itu.

“Diantara ciri-ciri seorang Entrepreneurship bagi generasi mileneal tersebut adalah memiliki kemampuan untuk melakukan inovasi terhadap suatu produk, mampu mengenali suatu produk baru, melakukan penyusunan operasi pada pembuatan produk yang baru, mampu memasarkan produk yang dimiliki serta mampu mengatur sekaligus mengelola modal untuk operasi yang dijalankan. Menjadi seorang Entrepreneurship yang sukses dan diakui tentu merupakan dambaan setiap orang karena pada dasarnya, seorang Entrepreneurship itu memiliki beberapa kelebihan yang sangat menonjol dan menarik”.

“Nah beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah memiliki kesempatan dan peluang yang besar dalam mewujudkan cita-cita, memiliki kesempatan menciptakan perubahan, dan juga mencapai potensi yang dimiliki”. Ujarnya.

 

Sedangkan dari Ibu Prof. Dr. Ir Hj. Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib, MP. “Kata kunci dalam Entrepreneurship adalah seorang yang memulai suatu bisnis baru dan yang melakukan hal tersebut dengan jalan menciptakan sesuatu yang baru, atau dengan jalan memanfaatkan sumber-sumber daya dengan cara yang tidak lazim, dengan upaya menghasilkan nilai bagi para pelanggan”

“Berani mengambil resiko artinya berani memulai sesuatu yang serba tidak pasti dan penuh risiko. Dalam hal ini, tentu tidak semua risiko yang diambil, melainkan hanya risiko yang telah diperhitungkan secara cermat, Menyukai tantangan Segala sesuatu yang dilihat sebagai tantangan bukan masalah. Perubahan yang terus terjadi dan zaman yang serba canggih menjadi motivasi kemajuan, bukan menciutkan nyali seorang entrepreneur unggulan. Dengan demikian, seorang Entrepreneurship akan terus memacu dirinya untuk maju, mengatasi segala hambatan, Punya daya tahan yang tinggi Seorang Entrepreneurship harus banyak akal dan tidak mudah putus asa. Ia harus selalu mampu bangkit dari kegagalan dan tekun, Punya visi jauh kedepan Segala yang dilakukan punya tujuan jangka panjang meski dimulai dengan langkah yang amat kecil. Ia punya target untuk jangka waktu tertentu. Usahanya bukan karena latah (ikut-ikutan), Selalu berusaha memberikan yang terbaik, Entrepreneurship akan mengarahkan semua potensi yang dimilikinya. Jika hal itu dirasa kurang, ia akan merekrut orang-orang yang lebih berkompeten agar dapat memberikan yang terbaik untuk pelanggan”. Ujarnya.

Sambung lagi, “suatu keberhasilan enterpreneurship sangat tergantung pada kemampuan pribadinya menurut Zimmerer yang diterjemahkan oleh Suryana (2003:46) dalam bukunya kewirausahaan adalah, Ada visi dan tujuan yang jelas, bersedia untuk mengambil resiko uang dan waktu, berencana dan terorganisir, kerja kersa sesuai dengan tingkat kepentingannya, mengembangkan hubungan yang baik dengan pelanggan, pemasok dan karyawan.”, (Padang, 10/11/2019)